— Santan Ketumbar Jintan

Workshop 3: Soal strategi dan metode

Peserta: Ferdi, Dina, Pascal, Antariksa, Moki, Elia, Anang, Anna, Inggrid, Citra, Vita
Lokasi: Sangam Resto

Workshop ketiga berlangsung pada tanggal 12 November 2011. Sesi workshop dimulai dengan pemutaran video  karya Anand Patwardhan yang berjudul We Are Not Monkeys. Video ini merupakan kritik atas cerita Ramayana. Ramayana dilihat secara implisit mewariskan ide serta praktik represi terhadap kasta rendah dan perempuan.

Setelah sesi menonton film, workshop dilanjutkan dengan pembahasan hasil wawancara dengan Pak Tikani serta evaluasi terhadap proses tersebut. Wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 8 November yang lalu, dilihat sebagai proses perkenalan dengan Bapak Tikani. Informasi yang didapatkan dari wawancara ini masih bersifat umum. Sehingga para peserta memutuskan untuk melakukan sekali lagi wawancara kelompok bersama Bapak Tikani. Pada wawancara kedua ini, pertanyaan akan dipersiapkan sebelumnya. Setiap peserta akan membawa tabel yang menjabarkan tema, peristiwa sejarah, dan bukti dokumen terkait. Tabel ini akan diisi sembari melakukan wawancara, sehingga data yang didapatkan dari wawancara tersebut, terdokumentasi secara sistematik dan memudahkan untuk digunakan.

Sesi workshop dilanjutkan dengan mendaftar tema-tema yang dapat ditanyakan pada Bapak Tikani. Beberapa tema yang muncul adalah mengenai sejarah pribadi Bapak Tikani dan keluarga (silsilah), selera hiburan, aktivitas ekonomi (termasuk ritual yang berkaitan, strategi dan iklim usaha), sejarah Jalan Malioboro dan Jalan Solo, dan pemetaan lokasi tempat tinggal komunitas India di Yogyakarta.

Workshop ditutup dengan mendaftar narasumber dari komunitas India juga mahasiswa India-Malaysia yang dpat dihubungi untuk wawancara, dan membuat janji mengunjungi perpustakaan daerah serta satu kuil di daerah Maguwo.

0 comments
Submit comment